Penyebab mobil bergetar saat di rem dan tips mengatasinya

Masalah getaran pada mobil bisa terjadi kapan saja dan di dibagian mana saja dari mobil. Umumnya faktor usia komponen kendaraan kerap menjadi pemicunya. Salah satu contohnya adalah munculnya getaran pada mobil saat mobil di rem.

Getaran ini bisa muncul mulai dari pedal rem yang terasa di kaki hingga ke setir dan bodi mobil. Lantas apa saja penyebab utama mobil bergetar saat di rem? Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi seputar penyebab mobil bergetar saat di rem dan tips mengatasinya. Simak penyebab mobil bergetar saat direm dan tips mengatasinya dibawah ini

Masalah getaran pada mobil bisa terjadi kapan saja dan di dibagian mana saja dari mobil Penyebab mobil bergetar saat di rem dan tips mengatasinya


1. Permukaan disc brake bergelombang


Penyebab mobil bergetar saat direm yang paling umum dan sering terjadi adalah akibat permukaan disc brake yang sudah tidak rata lagi dan bergelombang. Disc brake (piringgan rem cakram) menjadi bagian yang akan menahan laju putaran roda saat mobil di rem. Disc brake ini harus selalu memiliki kondisi permukaan yang rata agar tidak menimbulkan getaran saat di rem.

Namun begitu, saat proses pengereman terjadi, panas yang dihasilkan saat gesekan anatara kampas rem dengan cakram dapat menyebabkan perubahan mikrostruktur pada permukaan cakram. Akibatnya permukaan cakram menjadi bergelombang. Nah, gelombang yang ada pada permukaan cakram inilah yang akan mengakibatkan getaran pada mobil saat di rem.

Ada dua cara untuk mengatasi masalah mobil bergetar saat di rem akibat permukaan disc brake bergelombang yaitu:

- Meratakan permukaan cakram dengan proses bubut
Cara pertama yang dilakukan adalah dengan membubut cakram agar permukaannya kembali rata dan halus. Namun sebelum pembubutan dilakukan, kita harus mengukur ulang ketebalan cakram dan memperhatikan limit ketebalan yang diijinkan pada cakram tersebut. Jika sudah melebihi batas limit ketebalan, maka bubut bukan cara yang tepat untuk dilakukan.

- Mengganti dengan piringan cakram yang baru
Cara terbaik untuk mengatasi mobil bergetar saat di rem karena permukaan cakram bergelombang adalah dengan menggantinya dengan cakram yang baru. Hal ini lebih direkomendasikan dan lebih aman tentunya.


2. Kampas rem habis


Penyebab mobil bergetar saat di rem berikutnya adalah akibat kampas rem habis. Kampas rem habis selain membuat mobil bergetar saat di rem biasanya juga disertai dengan munculnya suara keras seperti suara menggerinda yang berasal dari cakram.

Ya, kampas rem yang habis, umumnya akan menyisakan bantalan besinya saja. Bantalan besi ini akan beradu dengan permukaan cakram sehingga terjadilah gesekan antara besi dengan besi yang sangat cepat membuat permukaan cakram menjadi tidak rata dan bergelombang. Efek yang terjadi selanjutnya adalah munculnya getaran pada mobil saat di rem.

Untuk mengatasi masalah mebil bergetar akibat kampas rem habis , maka mengganti kampas rem dan melakukan pemeriksaan pada cakram adalah hal yang wajib dilakukan. Jika cakram tidak parah, maka bubut masih bisa menjadi solusi, jika parah maka cakram juga perlu diganti.

Baca juga :


3. Pin kaliper rem seret dan macet


Penyebab mobil bergetar saat di rem selanjutnya adalah akibat pin kaliper seret dan macet. Pin kaliper pada rem cakram berfungsi sebagai tempat bergesernya caliper rem saat rem beroperasi. Ketika pedal rem di tekan dan piston rem menekan kampas rem, maka pin akan bergeser sehingga proses menjepit cakram manjadi lebih baik, lancar, dan tidak tersendat.

Ketika pin kaliper rem mengalamai seret dan macet, maka pada saat caliper rem bergeser untuk menekan kampas menjadi terganggu dan tersendat-sendat. Proses tersendat nilah yang kemudian juga akan menimbulkan getaran pada mobil saat direm.

Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan pembongkaran, pembersihan serta pelumasan pada bagian pin kaliper rem ini. Ya, pin kaliper rem ini perlu dibersihkan dan dilumasi kembai agar lancara saat bergeser. Jika diperlukan, lakukan penggantian pada karet pentup pin kaliper untuk mencegah debu dan kotoran masuk sehingga membuat pin macet.


4. Hub bearing roda oblak


Penyebab mobil bergetar saat di rem lainnya adalah akibat hub bearing roda oblak. Ya, bearing hub roda secara umum menjadi dudukan dari piringan cakram (disc brake). Kondisi bearing roda ini akan sangat mempengaruhi kerataan dari permukaan cakram.

Ketika hub bearing roda oblak, maka putaran piringan rem cakram juga menjadi oleg dan tidak stabil. Hal ini akan mempengaruhi proses pengerema yangterjadi sehingga menyebabkan mobil bergetar saat di rem.

Untuk mengatasi hal ini, melakukan penggantian pada hub bearing roda adalah solusi terbaik yang bisa dilakukan. Namun perhatikan juga model hub bearing yang digunakan karena ada hub bearing yang bisa disetel ulang dan bisa diganti grease (gemuknya) saja. Lakukan penyetelan ulang dan penggantian grease untuk meminimalisir anggaran atau jika memang sudah parah dan tidak bisa disetel, maka ganti bearing adalah langkah yang tepat.

Demikianlah artikel tentang penyebab mobil bergetar saat di rem yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil
LihatTutupKomentar